Sanlat Ramadan 1438 H

Sanlat Ramadan 1438 H

Pedan-Marhaban ya Ramadan. Bulan Ramadan telah tiba. Untuk itu, umat Muslim di seluruh penjuru dunia diwajibkan berpuasa. Selain berpuasa, di bulan yang penuh berkah ini kaum muslimin dan muslimat juga dianjurkan untuk berbuat kebaikan seperti memperbanyak sedekah, baca Al Qur’an, dll.

Ramadan 1438 H untuk siswa sekolah bersamaan dengan ulangan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2016/2017. Setelah itu ada berbagai proses remidial, dll.

Selain diadakan remidial, siswa kelas VII dan VIII juga melaksanakan Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadan 1438 H. Kegiatan Sanlat dimulai pukul 08.30 selama tiga hari, yaitu 12-14 Juni 2017. Kegiatan Sanlat ini dilaksanakan di Masjid Annida MTs Negeri Pedan.

Sanlat hari pertama, Senin (12/6) diawali dengan Tadarus Al Qur’an Juz 30 yang dipandu oleh Ahmad Yasindan Dwiki Harjun. Kegiatan dilanjutkan dengan Tausiah oleh Suratno, S. Ag. Sholat Dhuha diikuti oleh semua siswa kemudian dilanjutkan latihan ceramah perwakilan dari VIIA, VIIB, dan VIIC. Kegiatan Sanlat diakhiri dengan sholat duhur berjamaah. Sanlat pada hari pertama dikoordinir oleh Drs. Munzaini dan Ismiyati Haniah, S.Ag .

Sanlat hari kedua, Selasa (13/6) diawali dengan Tadarus Al Qur’an Juz 30 yang dipandu oleh Adam Azam Hidayah. Kegiatan dilanjutkan dengan Tausiah oleh Edi Supraptana, S. Pd, M. Pd. Sholat Dhuha diikuti oleh semua siswa kemudian dilanjutkan latihan ceramah perwakilan dari 7D, VIIE, VIIIA, dan VIIIB. Kegiatan Sanlat diakhiri dengan sholat duhur berjamaah. Sanlat pada hari kedua ini dikoordinir oleh Any Setiyaningsih, S. Pd, Dyah Ayu Purwitasari, S. Psi, dan Suratno, S.Ag.

Sanlat hari terakhir, Rabu (14/6) diawali dengan Tadarus Al Qur’an Juz 30 yang dipandu oleh Nafis dan Faris. Kegiatan dilanjutkan dengan Tausiah oleh Moh. Nazarudin Chalim, S. Ag. Sholat Dhuha diikuti oleh semua siswa kemudian dilanjutkan latihan ceramah perwakilan dari VIIIC, VIIID, dan VIIIE. Kegiatan Sanlat diakhiri dengan sholat duhur berjamaah. Sanlat pada hari terakhir ini dikoordinir oleh Edi Supraptana, S. Pd, M. Pd, Ismiyati Haniah, S.Ag dan Suratno, S.Ag.

Pada saat tausiah siswa-siswi peserta Sanlat tidak hanya pasif mendengarkan saja. Mereka harus merangkum isi materi dan setelah sholat duhur berjamaah rangkuman dikumpulkan kepada guru yang mengkoordinir pada masing-masing hari.

AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *