Madsama 2017/2018 di Madsanida

Madsama 2017/2018 di Madsanida

Pedan-Tahun pelajaran 2017/2018 sudah dimulai pada Senin, 17 Juli 2017 (17-7-17). Mulai saat itu pula siswa-siswi MTs Negeri Pedan, Klaten (Madsanida) kembali belajar di madrasah. Sebelumnya siswa-siswi libur akhir tahun pelajaran 2016/2017 dan libur Idul Fitri sekitar satu bulan lamanya.
Dua hari sebelum masuk, yaitu hari Sabtu (15-7-2017) siswa-siswi sudah masuk. Pembagian kelas dilaksanakn pada hari itu juga. Pada hari itu juga diadakan apel acara halal bihalal secara sederhana di halaman Madsanida yang dipimpin oleh kepala madrasah Moh Nazarudin Chalim, S.Ag. Apel ditutup dengan pembagian hadiah class meeting semester genap 2016/2017.
Pada tahun pelajaran 2017/2018 Madsanida menerima 180 siswa-siswi. Siswa sejumlah tersebut terdiri dari 117 siswa dan 63 siswi. Untuk kelas VII belum diadakan pembagian kelas, namun untuk Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Madsama) dibentuk dalam lima kelas sementara. Baru setelah selesai Madsama dibentuk kelas secara permanen karena setelah Madsama masih ada tes bagi siswa yang ingin masuk kelas intensif.

Madsama dilaksanakan tiga hari yaitu Senin-Rabu (17-19 Juli 2017). Tak hanya siswa baru saja yang melaksanakan Madsama, namun juga siswa kelas VIII dan IX.

Materi yang diajarkan pada Madsama adalah materi tentang keagamaan dan nonkeagamaan. Materi keagamaan antara lain shalat fardhu, meneladani tokoh-tokoh Islam, implementasi PAI, wawasan madrasah, dan membangun kreativitas remaja Islam.

Materi nonkeagamaan lebih banyak dari pada keagamaan. Program dan cara belajar, apresiasi seni lagu nasional, strategi belajar di kelas, wawasan wiyata mandala, pendidikan kesehatan, dinamika kelompok, tata tertib & BP, etika terhadap orang tua, serta kelompok belajar dan teknik diskusi.

Khusus untu kelas VII ditambah dengan materi PBB. Sementara untuk kelas VII supaya lebih mengenal gurunya diberi tugas mencari guru-guru Madsanida dan meminta tandatangan.

Selain materi yang disampaikan di kelas juga ditutup dengan sholat duhur berjamaah. Kegiatan Madsama ini dimulai pukul 07.00 dan diakhiri pukul 12.20 WIB setelah mendengarkan ceramah (kultum) ba’da sholat duhur.

AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *