Periksa Kesehatan Kelas VII dari Puskesmas Pedan

Periksa Kesehatan Kelas VII dari Puskesmas Pedan

Pedan-Untuk bisa belajar dengan baik maka siswa-siswi haruslah sehat. Untuk mengetahui apakah siswa sehat apa tidak maka dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MTs Negeri Pedan (MTs) bekerja sama dengan tim dari Puskesmas Pedan mengadakan pemeriksaan kesehatan kepada siswa-siswi kelas VII sejumlah 180 siswa. Tim yang terdiri dari enam orang tenaga medis ini memeriksa diketuai Ibu Tutik Tri Haryani.

Jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dari Puskesmas Pedan adalah pemeriksaan fisik. Tim memeriksa satu per satu kepada siswa di tiap kelas. Pemeriksaan dilakukan pada tekanan darah, kebersihan telingan, dan kesehatan mata. Berat dan tinggi badan juga dilakukan pemeriksaan.

Selain pemeriksaan secara fisik, tim juga melakukan pemeriksaan secara individu melalui angket. Angket dibagikan kepada siswa untuk diisi secara jujur sesuai dengan kondisi yang terjadi pada siswa. Kerahasiaan angket ini dijamin tidak akan dipublikasikan.

Adapun isi angket pemeriksaan siswa antara lain kondisi fisik seperti ciri-ciri yang terjadi pada anatomi tubuh siswa, riwayat kesehatan yang pernah dialami, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi siswa.

Menurut pembina UKS MTs, Ibu Nur Astu Dwi Rahma, kegiatan ini sangat diperlukan untuk mengetahui tentang kesehatan siswa. Meskipun ada sekolah lain yang menaggapi dengan dingin atau menolak kegiatan ini, namun di MTs kegiatan ini sangan bermanfaat. Ibu Nur Astu juga berharap jika kegiatan seperti ini rutin diadakan tiap tahun tak hanya untuk siswa-siswi kelas VII saja, namun juga siswa kelas VIII dan IX.

AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *