Gladi Bersih UNBK MTs Negeri 4 Klaten 2017/2018

Pedan-Ujian Nasional semakin dekat, untuk itu dipersiapkan dengan matang. Persiapan materi ujian oleh siswa wajib hukumnya. Namun, yang tak kalah penting adalah persiapan secara teknis.

MTs Negeri 4 Klaten di Pedan (Madtsanida) tahun pelajaran 2017/2018 pertama kalinya mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Persiapan teknis dilakukan berkaitan dengan UNBK ini.

Persiapan gladi bersih UNBK dilakukan supaya pada saat hari yang telah ditentukan tidak ada kendala. Persiapan gladi bersih dilaksanakan secara nasional bagi sekolah/madrasah yang mengikuti UNBK tahun ini.

Gladi bersih UNBK 2017/2018 tingkat SMP/MTs dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Senin dan Selasa, 19 dan 20 Maret 2018. Berbeda dengan simulasi sebelumnya satu hari dua mata pelajaran digabung, pada gladi bersih satu hari satu mata pelajaran.

Mata pelajaran yang diujikan pada gladi bersih UNBK hari pertama, Senin adalah matematika. Mata pelajaran yang diujikan pada hari kedua, Selasa adalah Bahasa Inggris.

Peserta yang mengikuti gladi bersih UNBK 163 siswa. Seperti pada simulasi sebelumnya (13-14/2), dari 163 peserta tersebut dibagi pada tiga lab komputer. Masing-masing lab dibagi dalam tiga sesi.

Lab 1 sesi pertama, kedua, dan ketiga masing-masing ditempati oleh 18 siswa. Lab 2 sesi pertama, kedua, dan ketiga masing-masing ditempati oleh 19 siswa. Sementara Lab 3 sesi pertama dan kedua ditempati oleh 18 siswa, dan sesi ketiga ditempati oleh 16 siswa.

Gladi bersih UNBK ini dimulai pada pukul 07.30 WIB. Siswa yang mendapatkan giliran sesi pertama waktunya 07.30 – 09.30. Siswa yang mendapatkan giliran sesi kedua waktunya 10.30 – 12.30. Siswa yang mendapat giliran sesi ketiga waktunya 14.00 – 16.00.

Sebelum diadakan simulasi UNBK diadakan persiapan pada komputer server maupun komputer client. Komputer client adalah istilah untuk menyebut komputer yang digunakan siswa untuk UNBK yang sesungguhnya maupun saat simulasi atau gladi bersih. Persiapan tersebut meliputi sinkronisasi server di lab dengan server pusat dan sinkronisasi sever lab dengan komputer client.

Masing-masing sekolah/madrasah mendapatkan jadwal berbeda-beda dalam sinkronisasi antara server lab dengan pusat. Madtsanida mendapatkan jadwal sinkronisasi pada Jumat (16/3) mulai pukul 10.00 WIB. Setelah sinkronisasi dengan server pusat berhasil dilajutkan dengan sinkronisasi server lab dengan komputer client.

Pihak yang bertanggung jawab mengendalikan server adalah proktor. Tiga proktor yang telah ditunjuk yaitu Ali Murtopo, S. Pd. (lab 1), Muh. Yasid, S. Pd. (lab 2), dan Muh. Taqiudin, S. Pd. I. (lab 3). Sementara Drs. Rustam Widaryanto selaku wakil kepala bidang kurikulum swebagai koordinator gladi bersih UNBK.

AM

Gladi Bersih UNBK MTs Negeri 4 Klaten 2017/2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas