Akhirussan Kelas IX 2017

Pedan-Siswa kelas IX madrasah tsanawiyah adalah siswa yang berada di tingkat paling akhir. Setelah serangkain ujian yang telah dilalui siswa-siswi MTs Negeri Pedan (Matsanida), kini saatnya wisuda (akhirussanah).

Akhirussanah 2017 kelas IX Matsanida diadakan di halaman madrasah pada Selasa (23/05/2017). Akhirussanah ini diikuti oleh 152 siswa-siswi. Turut diundang kepala SD/MI yang ada di sekitar Matsanida, wali murid, serta komite madrasah.

Pembawa acara adalah Humairoh Roseyani (VIIE) dan Sholu Nur Khasanah (VIIIE). Berikut ini rangkaian acara Akhirussanah 2017:

Wisudawan-wisudawati memasuki tempat wisuda

Pembukaan
Membaca Basmalaah

Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an
Lantunan Ayat Suci Al Qur’an Surat Al Hasyr ayat 18-20 oleh Amalia Zukhrufah (IXE) dengan sari tilawah Briestney Divha Anggrainy (IXB).

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh regu koor dipimpin oleh Dewi Novita Sari (VIIB) serta diikuti oleh seluruh peserta wisuda dan hadirin yang hadir.

Sambutan Kepala Kemenag Klaten
Diwakili oleh Bapak Mulyadi, S.Ag. Kemanapun siswa-siswi MTs Negeri Pedan melanjutkan pendidikan/sekolah, maka harus mempunyai karakter terutama jujur. Barang siapa yang jujur, maka ia yang menang. Barang siapa yang sungguh-sungguh, pasti ia akan bisa. Belajarlah sungguh-sungguh, karena tidak ada kesempatan datang dua kali.

Sambutan Kepala Madrasah
Oleh Bapak Moch Nazarudin, S.Ag. Ucapan terima kasih disampaikan kepada kepala madrasah kepada orang tua/wali murid yang telah mempercayakan pendidikan di MTs Negeri Pedan. Ilmu umum dan ilmu agama bisa didapatkan di madrasah. Tak lupa kepala madrasah juga meminta permohonan maaf atas nama guru-guru yang telah mendidik putra-putrinya. Dalam mendidik kadang keras seperti mencubit, namun itu karena guru sayang kepada siswa-siswinya.

Pada kesempat baik ini pula kepala madrasah juga memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba KSM dan AKSIOMA tingkat MTs se Kabupaten Klaten. Juara I KSM Fisika adalah Said Mahmud (VIIB). Sementara untuk AKSIOMA, juara I Tahfid Putra Muchammad Ahmad Yasin Akmal (VIIC), juara II Pidato Bahasa Arab Adam Surya Al Jadid (VIIA), juara II Bulu Tangkis Putra Fathurahman Ardhian Kurniawan (VIIID), serta juara III Tenis Meja Putri Rafita Dwiyanti (VIIIB).

Tanggapan wali murid
Oleh Bapak H. Darsono, M.S. Ucapan terima kasih, karena selama kurang lebih tiga tahun Bapak dan Ibu Guru MTs Negeri Pedan telah mendidik putra-putrinya. Sekitar 80% pendidikan putra-putri selama ini berada di madrasah.

Hadroh
Pentas Hadroh oleh siswa-siswi yang tergabung pada anggota ekstrakurikuler Hadroh yang dipimpin oleh Ibu Nangimatun, S.Pd.I. Beberapa lagu bernafaskan Islam dipersembahkan kepada para wisudawan-wisudawati, guru/karyawan Matsanida, serta para hadirin yang hadir.

Tahfid
Lantunan Ayat Suci Al Qur’an secara acak Juz 28, 29, dan 30. Jundy Nasrulloh (IXA) dan Immaduddin Khan H (IXB) membacakan potongan ayat kemudian disuruh melanjutkan Muchammad Ahmad Yasin Akmal (VIIC).

Paduan Suara
Lagu yang dinyanyikan adalah Mars Matsanida dan Selamat Jalan.

Ansambel Musik
Ansambel pianika dipimpin oleh Ibu Any setiyaningsih, S.Ag. Lagu yang dinyanyikan adalah Suwe Ora Jamu, Burung Kakak Tua, Gundul-gundul Pacul, Waktu Hujan Sore-sore, Anak Kambing Saya, serta Hymne Guru.

Prosesi Wisuda
Wisuda dipandu oleh Bapak Edi Supraptana, M.Pd. Siswa-siswi bersalam dengan wali kelas masing-masing. Wali kelas IXA Ibu Dyah Ayu Purwita Sari, S.Psi. Wali kelas IXB Ibu Any Setiyaningsih, S.Pd. Wali kelas IXC Bapak Suratno, S.Ag. Wali kelas IXD Bapak Drs. Munzaini. Wali kelas IXE Ibu Ismiyati Haniah, S.Ag.

Ucapan perpisahan kelas IX
Oleh Erlinda Yunita Dewi (IXE) dalam Bahasa Indonesia dan Jundy Nasrullah (IXA) dalam Bahasa Indonesia.

Tanggapan perpisahan kelas VII dan VIII
Oleh Hilwa Qiwamil Fuada (VIIIE) dalam Bahasa Inggris dan Irsyad Ibadurrahman (VIIIC).

Lagu Terima Kasihku

Pentas Tapak Suci

Pidato Bahasa Arab
Oleh Arab Adam Surya Al Jadid (VIIA) dan diterjemahkan oleh Muhammad Faiz Ghozi (VIIIA).

Doa dan Penutup
Oleh Bapak Suratno, S.Ag.

AM

Akhirussan Kelas IX 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas