Upacara Hari Jadi Klaten ke-213 di Gelora Pedan

Upacara Hari Jadi Klaten ke-213 di Gelora Pedan

Pedan-Klaten adalah daerah tingkat dua yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang saat ini dipimpin oleh Plt. Sri Mulyani ini pada 28 Juli 2017 genap berusia 213.

Upacara untuk memperingati hari jadi Klaten diselenggarakan tidak hanya di Kabupaten saja, namun juga di seluruh kecamatan. Termasuk di kecamatan Pedan.

Setiap sekolah dari SMP/MTs sampai SMA/SMK baik negeri maupun swasta wajib mengirimkan utusan untuk mengikuti upacara. Termasuk utusan dari MTs Negeri Pedan (Madsanida).

Wakil yang mengikuti upacara hari jadi Klaten dari Madsanida adalah kepala madrasah, wali kelas VIII, wakil kepala bagian kesiswaan, dan beberapa guru. Sementara untuk siswa yang mengikuti upacara adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII.

Untuk siswa-siswi terbagi dalam dua bagian, yaitu menggunakan pakaian OSIS lengkap dan pramuka lengkap. Sementara untuk guru menggunakan pakaian tradisional Jawa, yaitu beskap untuk putra dan kebaya untuk putri.

Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB tanpa ada pengibaran bendera. Seluruh peserta upacara untuk siswa memakai pakaian OSIS atau pramuka lengkap. Sementara utusan dari instansi, termasuk guru memakai pakaian tradisional.

Bahasa yang digunakan dalam upacara adalah Bahasa Jawa Halus (Kromo Alus). Upacara dipimpin oleh Camat Pedan Dra. Wahyuni Sri Rahayu, M. Si.

Dalam upacara ini dibacakan juga sejarah berdirinya Klaten dengan menggunakan Bahasa Jawa. Dalam amanah pembina dibacakan amanah dari Plt. Bupati Sri Mulyani juga dalam Bahasa Jawa.

AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *